Pohon Kemang

Pohon Kemang(Mangifera kemanga). Adalah pohon buah sejenis mangga dengan bau yang harum menusuk dan rasa yang masam manis. Pohon ini berkerabat dekat dan seringkali dianggap sama dengan binjai. Akan tetapi beberapa pakar menyarankan untuk memisahkannya dalam jenis tersendiri, Mangifera kemanga

Gambar mungkin memiliki hak cipta
Pohon kemang sering kali tumbuh didaerah rawa atau pingir sungai dapat tumbuh  didaerah rendah 400 meter diatas permukaan laut. Dapat tumbuh mencapai mencapai ketinggian lebih dari 40 meter

Daunnya bertangkai amat pendek. Tepi daun di pangkal menyempit dan melanjut. Kemang yang matang warnanya coklat dan hijau kusam, berbincul di pangkalnya.

Daging buah kemang berwarna keputihan, lunak, berair dan berserat. Aroma buah kemang sangat khas dan tajam sedangkan rasa buahnya mulai asam sampai manis. Biji kemang jorong sampai lanset.

Gambar mungkin memiliki hak cipta 
Buah kemang biasa dijadikan sari buah. Buah kemang yang muda disukai untuk bahan rujak. Demikian pula bijinya, yang dalam keadaan segar diiris-iris dan dimakan setelah dibumbui serta ditambah kecap. Daun kemang yang masih muda (kuncup) digunakan untuk lalap dan kerap dihidangkan di rumah-makan Sunda.

Musim berbunga pohon kemang dimulai bulan Oktober sampai Desember. Sedang musim berbuahnya terjadi pada musim penghujan yaitu mulai bulan November sampai Maret.

Sumber https://id.wikipedia.org

0 Response to "Pohon Kemang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel