Gerhana Bulan Micro Blood Moon Paling Lama Sepajang Abat

Gambar mungkin memiliki hak cipta
Gerhana Bulan Micro Blood Moon Paling Lama Sepajang Abat. Bukan hal yang asing buat kita apa itu gerhana baik gerhana matahari maupun gerhana bulan, dari jaman dulu entah sampai kapan penomena gerhana akan selalu terjadi.

pada hari sabtu Dini hari, 28 Juli 2018, seluruh penduduk bumi bakal disuguhi fenomena langka yaitu gerhana bulan total. Fenomena alam yang terjadi ini dijuluki micro blood-moon.

Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, gerhana bulan total yang terjadi pada saat purnama terjauh itu akan berlangsung mulai pukul 01.24 WIB hingga pukul 05.19 WIB.
Adapun fase gerhana total terjadi pada rentang pukul 02.30 WIB hingga 04.13 WIB atau selama 107 menit. Gerhana bisa disaksikan dengan mata telanjang.

"Ini yang terlama di abad ini. Gerhana bulan saat ini menjadi yang terpanjang durasinya karena lintasannya dekat dengan garis tengah lingkaran bayangan bumi dan jarak bulan terjauh dari bumi," kata Thomas, Jumat, 27 Juli 2018.

"Dua faktor itulah yang membuat purnama berada dalam kegelapan bayangan bumi lebih lama dari gerhana bulan pada umumnya," imbuhnya.


Fenomena micro blood-moon itu, lanjutnya, terjadi karena pada saat gerhana bulan total, bulan berwarna merah darah sehingga disebut blood-moon. Warna merah darah tersebut disebabkan pembiasan cahaya matahari oleh atmosfer bumi sehingga warna merah cahaya matahari menimpa purnama. "Maka itu fenomena ini sering disebut sebagai akhir micro-blood-moon," terangnya.

Mars Bisa Diintip saat Gerhana Bulan

Selain bisa melihat fenomena micro blood-moon, masyarakat juga bisa mengintip penampakan planet Mars. "Pada saat purnama meredup dan memerah, amati lah bintang terang kemerahan di samping kirinya. Itulah planet Mars, tetangga bumi yang juga sedang mengalami purnama sehingga tampak seperti bintang yang sangat terang," ucap Thomas.

Thomas menambahkan masyarakat juga bisa melihat titik-titik hujan meteor di atas gerhana bulan. "Amati juga di atas bulan yang memerah. Ada beberapa titik pancar hujan meteor, khususnya yang sedang mengalami saat puncaknya pada malam itu yakni Southern Delta Aquarids (sekitar 20 meteor per jam) dan Piscis Austrinis (sekitar 5 meteor per jam),

Demikian sedikit info semoga bermanfaat sukses selalu selamat sore

Sumber http://news.metrotvnews.com/peristiwa/0kp21yDN-gerhana-bulan-dini-hari-nanti-terlama-sepanjang-abad-ini  dengan judul Gerhana Bulan Dini Hari Nanti Terlama Sepanjang Abad Ini

0 Response to "Gerhana Bulan Micro Blood Moon Paling Lama Sepajang Abat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel